BAB.5
MANAJEMEN DAN ORGANISASI
1. Manajemen
Manajemen adalah sebuah proses perencanan, pengorganisasian, pengkoordinasian
dan pengontrolan sumber daya untuk mencapai sasaran secara efektif dan efisien.
dan pengontrolan sumber daya untuk mencapai sasaran secara efektif dan efisien.
Peranan manajemen :
- peran sebagai interpersonal
- peran sebagai informasi
- peran pengambilan keputusan
Latar belakang sejarah manajemen :
Sebelum abad ke 20, terjadi dua peristiwa penting dalam i;mu manajemen.
peristiwa pertama terjadi pada tahun 1776, ketika adam smith menerbitkan sebuah doktrin ekonomi klasik, the wealth of nation. Dalam bukunya itu, ia mengemukakan keunggulan ekonomis yang akan diperoleh organisasi dari pembagian kerja ( division of labor ), yaitu perincian pekerjaan ke dalam tugas-tugas yang spesifik dan berulang.
peristiwa pertama terjadi pada tahun 1776, ketika adam smith menerbitkan sebuah doktrin ekonomi klasik, the wealth of nation. Dalam bukunya itu, ia mengemukakan keunggulan ekonomis yang akan diperoleh organisasi dari pembagian kerja ( division of labor ), yaitu perincian pekerjaan ke dalam tugas-tugas yang spesifik dan berulang.
Pada peristiwa kedua yang mempengaruhi perkembangan ilmu manajemen adalah revolusi industri di inggris. Revolusi industri menandai dimulainya penggunan mesin,menggantiakan tenaga manusia.Perpindahan ini mengakibatkan manajer-manajer ketika itu membutuhkan teori yang dapat membantu mereka meramalkan permintaan, sehingga ilmu manajemen mulai dikembangkan oleh para ahli.
Fungsinya manajemen :
- Perencanaan ( planning )
- Pengorganisasian ( organizing )
- Pengarahan ( directing )
Proses manajemen yaitu membuat rangkaian aktivitas perencanaan dan pengawasan kinerja suatu proses.
Ciri- ciri manajer profesional :
- Berbudaya korporat transparansi, independensi, responsif akun tabilitas dan kejujuran
- Dukungan manajemen puncak
- Dukungan manajemen puncak
- Bermanfaat untuk kepentingan internal dan juga eksternal
- Berorientasi kemasa depan dengan pendekatan holistik
- Sistem nilai-nilai prinsip efisiensi dan efektivitas
Keterampilan manajemen yang dibutuhkan :
- Keterampilan konseptual
- Keterampilan berhubungan dengan orang lain
- Keterampilan teknis
2. Organisasi
Organisasi adalah suatau pola hubungan- hubungan yang melalui mana orang-orang dibawah pengarahan atasan mengejar tujuan bersama.Pentingnya mengenal organisasi karena dapat bersosialisasi kepada orang- orang yang ada di sekitar kita.
Bentuk- bentuk organisasi :
- organisasi politik
- organisasi sosial
- organisasi mahasiswa
- organisasi olahraga
- organisasi sekolah
- organisasi negara
Prinsip- prinsip organisasi :
- pembagian kerja
- wewenang
- disiplin
- kesatuan komando
- kesatuan arah
- mendahulukan kepentingan umum diatas kepentingan individu
- remunasi
- sentralisasi
- rantai scalar
- tata tertib
- keadilan
- stabilitas
- inisiatif
Keterampilan manajemen yang dibutuhkan :
- Keterampilan konseptual
- Keterampilan berhubungan dengan orang lain
- Keterampilan teknis
Sebab keberhasilan organisasi :
- adanya kebaikan
- adanya kepercayaan
- adanya pengabdian
- adanya pertumbuhan
- adanya keunggulan
Sebab kegagalan organisasi :
- ketidakpuasan atau ketidakmautahuan
- kelalaian
- pengabdian prosedur
- kesalahan memutuskan
- kurangnya analisa riset atau data
- kelemahan beradaptasi terhadap perubahan lingkungan
- kelemahan konsep atau persiapan
- kelemahan membaca nilai atau budaya
Referensi dari :
- http:// organisasi.org
- http://infometrik.com
0 komentar:
Posting Komentar